Sapa Indonesia Kompas TV: Soal Rencana Pertemuan SBY-Megawati Bukan Hanya Rekonsiliasi Bersifat Pragmatis, Tapi untuk Kepentingan Bangsa ke Depan

Rekonsiliasi antara Ibu Megawati dan Pak SBY menjadi hal yang baik dan terus dibicarakan di media mainstream dan media sosial. Tidak ada sesuatu yang harus dipertemukan seolah-olah rekonsiliasi itu sifatnya pragmatis, karena perlunya kerja sama kedua parpol ini bisa dipertimbangkan secara rasional demi kepentingan bangsa dan negara.

Kalau itu dikaitkan secara personal antara Bu Mega dan Pak SBY, kemarin juga sudah ada pertemuan antara Mbak Puan Maharani dan mas AHY, yang tentu saja itu bukan pertemuan pribadi, tapi mewakili kedua partai besar.

Semua pihak saat ini memang perlu bersilaturahmi dan bertemu, demikian pula terkait pilpres. Hal itu tentu bisa dibicarakan antara PDI Perjuangan dan Partai Demokrat, sebagaimana beberapa kali ditegaskan oleh Mbak Puan Maharani. Jadi, bukan tidak mungkin ke depan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya menyikapi kerja sama politik yang rasional berlandaskan tujuan berbangsa bernegara ke depan.

Kita hormati Bu Mega dan Pak SBY dalam positioning kedua beliau sebagai tokoh bangsa, tapi dalam kaitan politik berbangsa bernegara, tentu semua hal akan dikedepankan. Prinsip-prinsip politik PDI Perjuangan adalah partai yang bisa bekerjasama dengan semua partai politik didasarkan hal-hal politik kebangsaan, mengedepankan Pancasila dan NKRI.

Selengkapnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *