Gapai Ridho Allah SWT dengan Berbakti kepada Orang Tua

Program Inspirasi Buka BKN PDI Perjuangan Episode 9: Anak Muda Kehilangan Adab | Habib Syafiq bin Ali Ridho BSA.

Sebagai seorang anak, berbakti kepada orang tua sudah menjadi hal yang wajib, sebagaimana diperintahkan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Salah satu bentuk berbakti kepada orang tua adalah berbuat baik kepada orang tua dengan sebanyak-banyaknya, baik ucapan ataupun tindakan agar mendapatkan ridho dari keduanya.

Continue reading “Gapai Ridho Allah SWT dengan Berbakti kepada Orang Tua”

Bertani Lebih Banyak Barokahnya Dibanding Usaha Lainnya

Program Inspirasi Sahur BKN PDI Perjuangan Episode 9: Kitab Cempaka Dilaga Karya KH. TB Ahmad Bakri Mama Sempur Purwakarta.

Untuk menjadi seorang wirausahawan sukses, kita dituntut bekerja keras dan yang paling utama adalah mendatangkan kemaslahatan bagi orang banyak. Salah satu usaha yang dianjurkan oleh Rasulullah ialah bertani. Bertani bukan hanya berfaedah bagi masyarakat, tetapi juga bermanfaat bagi keberlangsungan suatu bangsa.

Continue reading “Bertani Lebih Banyak Barokahnya Dibanding Usaha Lainnya”

Gus Fuad Plered: Membaca Al-Quran Tanpa Adab Bisa Berubah Menjadi Dosa

Program Inspirasi Buka BKN PDI Perjuangan Episode 8: Mari Mengkaji Al-Qur’an | Gus Fuad Plered

Pada bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia bersiap untuk memperdalam pemahaman agama dan meningkatkan ibadah, termasuk membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan memiliki keutamaan tersendiri, karena bulan suci ini adalah saat di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan. Namun, membaca Al-Qur’an juga memiliki adab yang harus dilaksanakan agar amalan ini tidak berubah menjadi dosa karena sikap yang tidak benar dalam melaksanakannya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan waktu untuk menggunakan sound system saat membaca Al-Quran di masjid atau mushola.

Continue reading “Gus Fuad Plered: Membaca Al-Quran Tanpa Adab Bisa Berubah Menjadi Dosa”

Mengenal Tafsir Quran Bahasa Jawa Pertama di Dunia Karya Syekh Kholil Bangkalan

Program Inspirasi Sahur BKN PDI Perjuangan Episode 8:  Kitab Tafsir dan Terjemah Jawa Karya Syekh Kholil Bangkalan | Lora Kholili Kholil.

Kitab tafsir Al-Quran merupakan salah satu karya yang telah dihasilkan oleh para ulama sepanjang sejarah Islam. Salah satu kitab tafsir yang unik dalam khazanah keilmuan Islam adalah Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim yang merupakan kitab tafsir bahasa Jawa pertama di dunia karya Syekh Muhammad Kholil bin Abdul Latief, seorang mahaguru ulama Nusantara pada abad ke-19 M asal Bangkalan Madura.

Continue reading “Mengenal Tafsir Quran Bahasa Jawa Pertama di Dunia Karya Syekh Kholil Bangkalan”

Dekan Fakultas Agama Islam Uhamka: Ngurus Anak dan Suami Juga Butuh Ilmu

Program Inspirasi Buka BKN PDI Perjuangan Episode 7: Ayo Terus Belajar | Ai Fatimah Nur Fuad, Ph.D.

Di zaman sekarang ini, pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap orang, terutama untuk kaum perempuan. Walaupun masih banyak stereotip di masyarakat bahwa tugas perempuan hanya mengurus keluarga, tetapi kenyataannya mengurus keluarga juga membutuhkan ilmu. Hal itu karena ilmu dapat membuka dan menambah wawasan dalam banyak aspek kehidupan.

Continue reading “Dekan Fakultas Agama Islam Uhamka: Ngurus Anak dan Suami Juga Butuh Ilmu”

Ternyata, Memakai Celana Pernah Dianggap Haram

Program Inspirasi Sahur BKN PDI Perjuangan Episode 7:  Naskah Al-Ilmam bi Ma’rifah Al-Fatawa Wa Al-Ahkam Karya Habib Salim Jindan bersama Ustadz Ahong.

Mengkafir-kafirkan orang bukan sesuatu perkara yang ringan. Sayangnya, hal ini masih sering kita temukan hingga saat. Hal ini bukanlah perkara baru, namun sudah terjadi sejak lama, bahkan dahulu ada yang mengkafirkan orang hanya karena menggunakan celana.

Continue reading “Ternyata, Memakai Celana Pernah Dianggap Haram”

Pendapat Ustaz tentang Salat Kilat, Sah atau Tidak?

Program Inspirasi Buka BKN PDI Perjuangan Episode 6: Salat Kilat | KH. Taufik Damas

Umat muslim mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah Sholat lima waktu. Dalam Islam telah diajarkan dan ditegaskan bahwa sholat harus dikerjakan dengan khusyuk dan tidak terburu-buru. Hal itu karena solat adalah proses interaksi manusia dengan Allah yang harus dihayati.

Continue reading “Pendapat Ustaz tentang Salat Kilat, Sah atau Tidak?”

Syekh Abdurrauf Singkil, Mahaguru Ulama Nusantara Pertama Penulis Kitab Tafsir Al-Quran 30 Juz Berbahasa Melayu

Program Inspirasi Sahur BKN PDI Perjuangan Episode 6: Kitab Tafsir Turjuman Al-Mustafid – Syekh Abdurrauf Singkil | Dr. Ahmad Ginanjar Sya’ban, M. Hum.

Abdurrauf bin Ali Alfansuri, Sosok Grand Mufti Aceh yang juga dikenal dengan nama Abdurrauf Singkil, merupakan ulama rujukan bagi beberapa ulama besar yang tersebar diberbagai daerah di nusantara. Ia menjadi rujukan karena karya-karyanya yang salah satunya merupakan Kitab Tafsir Al-Quran pertama berbahasa Melayu di Nusantara. Selain itu, Syekh Abdurrauf Singkil juga dikenal sebagai ulama yang berani memberi dukungan kepada pemimpin perempuan.

Continue reading “Syekh Abdurrauf Singkil, Mahaguru Ulama Nusantara Pertama Penulis Kitab Tafsir Al-Quran 30 Juz Berbahasa Melayu”

Gus Plered: Nyinyir adalah Tanda Seseorang Tak Berhasil dalam Kehidupannya

Program Inspirasi Buka BKN PDI Perjuangan Episode 5:  Akhlakul Karimah, Masih Adakah?| Gus Fuad Plered.

Sebagai sebuah bangsa, sudah semestinya masyarakat mempunyai sifat yang akhlakkul karimah. Akhlak adalah perilaku dan karimah artinya mulia. Beberapa sifat yang bertentangan dengan nilai-nilai akhlakul karimah antara lain nyinyir, ghibah dan fitnah. Untuk menghindari hal tersebut kita harus fokus untuk meningkatkan kemuliaan masing-masing diri, karena sejak zaman Nabi Adam, manusia diperintahkan Tuhan untuk berperilaku yang akhlakul karimah.

Continue reading “Gus Plered: Nyinyir adalah Tanda Seseorang Tak Berhasil dalam Kehidupannya”

Mengupas Babad Cirebon, Wujud Amanat Bung Karno Gali Sedalam-dalamnya Api Islam

Program Inspirasi Sahur BKN PDI Perjuangan Episode 5: Naskah Babad Cirebon bersama KH. Ahmad Baso.

Naskah Babad Cirebon merupakan salah satu sumber penting untuk memahami sejarah dan budaya Cirebon. Buku ini juga memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat Cirebon pada masa lampau dan menjadi salah satu sumber referensi dan warisan adiluhung Kesultanan Cirebon yang memberikan gambaran dan penjelasan tentang perkembangan Islam di Nusantara.

Continue reading “Mengupas Babad Cirebon, Wujud Amanat Bung Karno Gali Sedalam-dalamnya Api Islam”