Dekan Fakultas Agama Islam Uhamka: Ngurus Anak dan Suami Juga Butuh Ilmu

Program Inspirasi Buka BKN PDI Perjuangan Episode 7: Ayo Terus Belajar | Ai Fatimah Nur Fuad, Ph.D.

Di zaman sekarang ini, pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap orang, terutama untuk kaum perempuan. Walaupun masih banyak stereotip di masyarakat bahwa tugas perempuan hanya mengurus keluarga, tetapi kenyataannya mengurus keluarga juga membutuhkan ilmu. Hal itu karena ilmu dapat membuka dan menambah wawasan dalam banyak aspek kehidupan.

Pesan ini disampaikan oleh cendekiawan muslimah Muhammadiyah Ai Fatimah Nur Fuad dalam serial ‘Lenong Menunggu Buka Puasa 2023’ yang ditayangkan oleh akun Youtube BKN PDI Perjuangan menjelang berbuka puasa, Selasa, (29/3/2023).

“Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa tugas utama perempuan adalah melayani suami dan mengasuh anak sehingga tidak diperlukan pendidikan yang tinggi. Padahal mengurus keluarga juga tidak asal-asalan dan membutuhkan ilmu,” ungkap Fatimah.

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) ini menjelaskan, bahwa suami juga harus mendukung istrinya untuk belajar dan mengembangkan diri karena pada akhirnya manfaatnya untuk keluarga.

Fatimah menambahkan, selain itu, masih ada hambatan struktural saat pemerintah dan partai politik tertentu melakukan diskriminasi terhadap kaum perempuan, karena mereka masih menganggap bahwa kaum pria lebih baik dibandingkan kaum perempuan.

“Perempuan harus menjadi sosok terdidik agar orang-orang semakin terbuka untuk menerima kita karena kita ini juga mempunyai ilmu,” tegas Fatimah.

Lebih lanjut, Fatimah menjelaskan tentang pentingnya mempunyai mental untuk belajar dan terus mengembangkan diri karena salah satu manfaat dari belajar adalah membuat pikiran terbuka, tidak mudah menghakimi orang lain, dan dapat membagikan pengetahuan yang kita punya kepada orang lain.

“Ilmu itu tidak akan merugikan kita. Sebaliknya, ulmu akan membantu kita dalam banyak hal seperti dalam bekerja dan mempunyai banyak pilihan dalam memilih pekerjaan,” ujar Fatimah.

Ihwal tentang pentingnya menuntut ilmu, Fatimah juga mengungkapkan bahwa belajar itu tidak dibatasi dengan umur. Walaupun sudah tua, sangat penting untuk terus memiliki semangat untuk belajar, baik belajar agama maupun hal lainnya.

“Ini sejalan dengan hadis dari Rasulullah yang berbunyi utlubul ilma minal mahdi ilal lahdi yang artinya tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat,” pungkas Fatimah.

Selengkapnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *