Yang Bisa Mengubah Hasil Survei adalah Kerja Kader Partai Turun Bertemu Rakyat

Di dalam kontestasi politik, kita selalu mengandalkan jajaran kader PDI Perjuangan untuk terus mendatangi rakyat, door to door, menyampaikan hal-hal faktual, dan menyampaikan narasi besar PDI Perjuangan untuk 2024-2029, termasuk mengkampanyekan Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Itulah kerja-kerja yang terus dilakukan, dan hal itu terorkestrasi dari tingkat pusat, daerah, kabupaten, kota, sampai tingkat desa.

Mengenai naik turunnya survei, hal itu menjadi bahan untuk mencermati kerja calon legislatif yang saat ini terus turun. Internal kami pun punya alat kontrol, termasuk survei bagaimana melihat elektabilitas kami masing-masing mengkampanyekan capres-cawapres di masing-masing dapil.

Soal perbandingan satu survei dengan lainnya adalah hal biasa. Tapi, kita melihat bagaimana lembaga survei seharusnya menjadi instrumen demokrasi sebagai alat untuk melihat kondisi faktual di masing-masing partai politik maupun capres-cawapres.

Kami melihat, saat ini, ada kecenderungan lembaga survei yang seharusnya menjadi instrumen demokrasi, justru menjadi alat untuk membangun opini. Misalnya dilihat dari swing voters yang berbeda jauh di setiap lembaga survei, dengan metodologis dan sample yang seharusnya secara akademis bisa dipertanggungjawabkan.

Kami menilai tren survei adalah kondisi yang temporer. Hal itu tak bisa diubah kecuali instrumen partai politik, yakni kader partai, calon legislatif, dan tim sukses capres-cawapres turun langsung kepada rakyat. Yang bisa mengubah hasil survei adalah kerja dari kader partai.

#PDIPerjuangan
#M3nangkanGAnjar
#GanjarMahfud2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *