Sebagai Bapak, Jokowi Tidak Netral. Tapi Sebagai Presiden, Jokowi Harus Menunjukkan Keteladanannya

Talk Show Kompas Petang KompasTV: Sebagai Bapak, Jokowi Tidak Netral. Tapi Sebagai Presiden, Jokowi Harus Menunjukkan Keteladanannya

Makan siang bersama antara Presiden Jokowi dan ketiga bakal calon presiden menunjukkan keseriusan Presiden Jokowi menjaga situasi kondusif agar kontestasi Pilpres akan berlangsung dengan baik. Ini karena akhir-akhir ini berkembang persepsi seolah Presiden Jokowi ada pada posisi tidak netral. Sebagai bapak, posisi Jokowi jelas tidak netral karena puteranya ada sebagai cawapresnya Prabowo Subianto.

Namun, yang kita harapkan Jokowi bukan hanya sebagai bapaknya Gibran, tapi Jokowi sebagai kepala negara, kepala pemerintahan dan presiden dari semua cawaprres, yang harus menjaga netralitas aparat negara dalam Pilpres 2024. Makan bersama capres itu yang mengundang bukan Jokowi sebagai seorang bapak, tapi Jokowi sebagai presiden.

Keteladanan Jokowi sebagai presiden ini harus diikuti oleh para menterinya. Harus netral, jangan mencederai keteladanan presiden, seperti ditunjukkan menteri dan wakil-wakil menterinya.

PDI Perjuangan jelas bersedih dan malu dengan kondisi ini. Masyarakat di bawah bertanya-tanya mengapa bisa terjadi situasi di mana Jokowi berangkat dari bawah, ternyata balas budinya seperti ini? Tapi, PDI Perjuangan ini partai ideologi. Kami tidak lebay, tapi harus bangkit untuk menyatukan dengan semangat mewujudkan kesejahteraan masyarakat lebih baik melalui jalan pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *