Festival Pahlawan Desa BKN PDI Perjuangan, Pak Babin Klodran, Surakarta, Jawa Tengah

Judul: Tanggulangi Sampah, Bhabinkamtibmas Budidaya Ikan di Selokan
Karya: Hendrix Wahyu Tetuko
Asal Kota: Surakarta, Jawa Tengah
Tokoh Desa: Prias Anggara Yudha

Video karya Hendrix Wahyu Tetuko ini berkisah tentang Perjuangan Prias Anggara Yudha, sosok Pahlawan Desa dari Desa Klodran, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Polisi seringkali dilihat sebagai sosok yang keras di tengah masyarakat. Namun, sosok polisi satu ini yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas daerah Klodran patut dilihat sebagai contoh bagi siapa pun.

Prias, sejak tahun 2015 bertugas di wilayah Klodran, Jawa Tengah. Dirinya dikenal baik oleh warga sekitar sebagai polisi yang sigap dalam berbagai permasalahan. Keprihatinannya akan lingkungan mulai muncul ketika melihat kondisi sungai penuh sampah. Padahal, sungai di Klodran digunakan sebagai irigasi sawah. Dari situlah jiwa pengabdian Prias pun memuncak. Ia mulai membersihkan sampah dari sungai hingga selokan warga secara cermat. Setelah sampah diangkut, ia memasukkan ikan untuk diternak dari selokan. Hasil inovasinya ini sempat dicemooh warga dan dipandang sebelah mata.

Ketika hasil ternak ikan di selokan warga terlihat berbuah hasil, banyak warga pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Prias pun membina tiga kelompok warga untuk berternak dan berbagi hasil. Tak hanya peternak, pemasok pakan ikan pun ikut merasakan keuntungan sejak adanya ternak ikan selokan tersebut.

Simak lebih lanjut kisah kepahlawanan Prias Anggara Yudha melalui video Hendrix Wahyu Tetuko berikut ini yang telah terpilih menjadi 100 Pemenang Umum Festival Pahlawan Desa 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *