Festival Pahlawan Desa BKN PDI Perjuangan, Berkah Madu, Labora Simorangkir, Tapanuli Utara, Sumatra Utara

Judul: Manisnya Madu jadi Berkah bagi Sesama
Karya: Volmer Marganda Silalahi, Rinto Harianja, dan Edwansyah Rizki
Asal: Kabupaten: Tapanuli Utara, Sumatra Utara
Tokoh Desa: Labora Parnaekan Simorangkir

Video yang disutradarai oleh Volmer Silalahi, Rinto Harianja, dan Edwansyah Rizki ini berkisah tentang perjuangan Labora Simorangkir, sosok Pahlawan Desa asal Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

Labora, peternak lebah madu dari Desa Lobu Hole yang memiliki semangat tinggi dan inspiratif. Pria berumur 25 tahun ini berhasil membina kalangan muda sekitarnya berternak lebah madu. Tak hanya membina kalangan muda di desanya saja, tetapi juga kalangan muda dari desa dan kecamatan lain di Tapanuli Utara.

Dari hutan di desanya sendiri, Labora dapat memproduksi kurang lebih 10 kotak madu dari berbagai jenis lebah. Sedangkan, hasil ternak madu dari kelompok-kelompok binaan Labora mampu menghasilkan kurang lebih 800 kilogram madu tiap bulannya. Tak hanya memproduksi, Labora pun juga ikut aktif dalam memdistribusikan hasil ternak madu kelompok binaannya.

Simak lebih lanjut kisah kepahlawanan Labora Simorangkir melalui video karya oleh Volmer Silalahi, Rinto Harianja, dan Edwansyah Rizki berikut ini yang telah terpilih menjadi 100 Pemenang Umum Festival Pahlawan Desa 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *