Festival Pahlawan Desa BKN PDI Perjuangan, Pahlawan Ekonomi Kreatif Desa, I Nyoman Ardana, Badung, Bali

Judul: Pahlawan Ekonomi Kreatif Desa
Karya: I Nyoman Giri Sedana
Asal: Kabupaten Badung, Bali
Tokoh Desa : I Nyoman Ardana

Video yang disutradarai oleh I Nyoman Giri Sedana ini berkisah mengenai perjuangan I Nyoman Ardana, sosok Pahlawan Desa dari Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

Berkepribadian luhur, peduli dengan masyarakat, mengayomi dan bertanggung-jawab merupakan sifat I Nyoman Ardana yang bisa diteladani. Berawal dari keprihatinan melihat perekonomian masyarakat kala itu hanya bertumpu pada sektor pertanian dan tenaga buruh.

Beliau terdorong untuk melakukan perubahan mata pencaharian desa demi kemajuan desanya. Berbekal tekat yang kuat, I Nyoman Ardana bertolak ke Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, untuk menimba ilmu teknik kerajinan perhiasan perak selama 11 tahun. Setelah merasa cukup menguasai teknik, Beliau pun kembali ke Desa Bongkasa Pertiwi untuk membagikan ilmunya pada warga sekitar.

Keuletan I Nyoman Ardana membimbing warga sekitar membuat 90 persen warga Desa Bongkasa beralih mata pencaharian pada bidang kerajinan perhiasan perak. Tak hanya terkenal di sekitardaerah Bali, hasil karya perhiasan perak Desa Bongkasa sering terlihat dalam ajang pameran internasional.

Simak lebih lanjut kisah kepahlawanan I Nyoman Ardana melalui video karya I Nyoman Giri Sedana berikut ini yang telah terpilih menjadi 100 Pemenang Umum Festival Pahlawan Desa 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *