Festival Pahlawan Desa BKN PDI Perjuangan, Gebrakan Meja Pemersatu Bangsa, Prof. KH. Abdul Kahar, Mudzakkir, Bantul, DI Yogyakarta

Judul: Gebrakan Meja Pemersatu Bangsa
Karya: Fery Dwy Setiawan, Taufik Saputra, dan Bagus Anggoro Putro
Asal: Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
Tokoh Desa: Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakkir

Video yang disutradarai oleh Fery Setiawan, Taufik Saputra, dan Bagus Anggoro ini berkisah mengenai perjuangan Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir, sosok Pahlawan Desa asal Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Beliau adalah salah satu tokoh yang memiliki andil besar dalam masa perjuangan kemerdekaan hingga peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Abdul Kahar, seorang pahlawan yang hidup di masa pra kemerdekaan RI, berperan aktif dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Sembilan saat rapat rumusan Piagam Jakarta. Beliau sangat menjunjung tinggi tenggang rasa antar agama supaya tidak memicu perpecahan dalam perumusan sila Pancasila kala itu.

“Supaya dari permulaan pernyataan Indonesia merdeka sampai kepada pasal-pasal di dalam Undang-Undang Dasar, yang menyebut nama Allah atau agama Islam, atau apa saja dicoret sama sekali. Jangan ada hal-hal itu,” lontaran penuh amarah Abdul Kahar saat rapat berlangsung, menurut penuturan putri kelima beliau, Jauharoh.

Simak lebih lanjut kisah kepahlawanan Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir melalui video karya Fery Setiawan, Taufik Saputra, dan Bagus Anggoro berikut ini yang telah terpilih menjadi 100 Pemenang Umum Festival Pahlawan Desa 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *