Makna Pertemuan Gibran Rakabuming dan Puan Maharani

Dialog Beritasatu Utama BtvNew, Senin, 29 Mei 2023.

Kalau soal juru bicara pemenangan capres, hampir semua kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan akan menjadi juru kampanye asal tidak melanggar ketentuan yang ada.
Mungkin karena popularitas Mas Wali sangat tinggi terutama bagi milenial Gen Z, bisa saja selain di Solo, Gibran juga akan menjadi juru kampanye pilpres tak hanya di Solo.

Mbak Puan daerah pemilihannya Jawa Tengah V, jadi ke Solo memang salah satu dapilnya. Ada hubungan fungsional antara Mbak Puan selaku Ketua DPP PDI Perjuangan dengan Mas Wali Kota yang mendapat penugasan dari partai. Jadi, saya tidak melihat ada penugasan khusus, karena acaranya santai. Hubungannya kakak-adik. Bahwa ada hal-hal yang politik, pasti dong…



Kalau tradisi di Solo ada prinsip politik “satu keluarga satu partai”. Kami dari PDI Perjuangan tidak ikut “rebut-merebut”, karena baik Pak Jokowi dan Mas Wali Gibran sesama kader PDI Perjuangan. Silakan partai-partai lain ingin merebut, tapi kami yakin political bounding Pak Jokowi setelah mengikuti berbagai kontestasi akan menyangkut dalam keluarga juga.

Sah-sah saja kalau kehadiran Mas Wali Gibran dianggap memberi leverage bagi tokoh partai lain. Kami melihat peran Gibran dalam menempatkan diri masih terukur dan bijaksana pada posisi tugas, kewenangan, dan jabatannya. PDI Perjuangan tidak akan membatasi, karena sebagai kepala daerah, ia juga menjadi kepala daerah lintas partai politik dan lintas kandidat capres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *