Sosialisasi Kemitraan BUMN – UMKM Dorong Pemulihan Nasional – SOLO

Di Solo, bersama Kementerian BUMN menyelenggarakan ‘Kemitraan BUMN dan UMKM untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional”. Sosialisasi kali ini menghadirkan BNI Xpora, bertujuan agar pelaku UMKM Solo lebih memiliki peluang meraih pasar luar negeri.

Tim BNI Xpora mendatangkan dua narasumber Aditya Suprajogi dan Asri Manggarsih yang bergantian menjelaskan layanan yang dimaksudkan sebagai bentuk dukungan BNI terhadap pelaku usaha nasional, khususnya UMKM, untuk mengembangkan usahanya agar Go Global. Mengusung tagline ‘Ekspor Menjadi Mudah’, BNI memberikan layanan terintegrasi dan pendampingan kepada UMKM agar lebih produktif atau Go Productive.

Sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI menyampaikan, akibat pandemi Covid-19, UMKM Indonesia terdampak serius pada aspek total produksi dan nilai perdagangan, serta tumlah tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan.

Solusi jangka pendek yang harus dilakukan Pemerintah saat ini, protokol kesehatan ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi oleh UMKM, penundaan pembayaran utang atau kredit untuk menjaga likuiditas keuangan UMKM, bantuan keuangan bagi UMKM, serta kebijakan struktural.

Kemitraan UMKM dengan nerbagai BUMN, merupakan Instruksi untuk seluruh BUMN agar membantu secara langsung UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. Selain itu, BUMN harus dapat melibatkan UMKM dalam proses produksi produk-produk yang bisa diisi oleh para pekerja UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *