Festival Pahlawan Desa BKN PDI Perjuangan, Batik Ecoprint, Buditami Wibawani, Temanggung, Jawa Tengah

Judul: Batik Ecoprint
Karya: Chantika Rahayuningtyas
Asal: Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tokoh Desa: Buditami Wibawani

Video karya Chantika Rahayuningtyas ini berkisah tentang perjuangan Buditami Wibawani, sosok Pahlawan Desa dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Batik merupakan warisan budaya Indonesia. Sekilas, teknik membatik terlihat rumit. Namun, ternyata ada cara membatik yang mudah dan ramah lingkungan. Batik Ecoprint mengandalkan bahan-bahan dari alam seperti daun pohon, batang tumbuhan, hingga akarnya.

Di Desa Tegowanu, ada seorang pengrajin batik tradisional bernama Budhitami Wibawani yang akrab dipanggil Bu Ami. Usaha batik miliknya tak hanya fokus pada penjualan produksi saja. Namun, ia juga mengajak warga sekitar untuk berpartisipasi dalam proses produksi. Selain mengajar proses membatik ecoprint, Bu Ami juga sering mengajak warga untuk giat menanam tumbuhan guna menjaga kelestarian lingkungan. Bu Ami mengajarkan proses pembuatan batik ecoprint yang menggunakan tumbuhan sebagai motifnya. Teknik yang ramah lingkungan ini pun tidak membutuhkan tenaga listrik maupun bahan kimia.

Simak lebih lanjut kisah kepahlawanan Budhitami Wibawani melalui video Chantika Rahayuningtyas berikut ini yang telah terpilih menjadi 100 Pemenang umum Festival Pahlawan Desa 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *