Festival Pahlawan Desa BKN PDI Perjuangan, Reyog Manunggal, Agustono, Magelang, Jawa Tengah

Judul: Reyog Manunggal
Karya: Pina Dhea Tafana
Asal: Kota Magelang, Jawa Tengah
Tokoh Desa: Agustono

Video karya Pina Dhea Tafana ini berkisah mengenai perjuangan Agustono, sosok Pahlawan Desa dari Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang, Jawa Tengah. Kepedulian anak muda terhadap kebudayaan tradisional Indonesia yang rendah mendorong Agustono mendirikan Sanggar Singo Cahyo Manunggal.

Menurut Agustono, manunggal berarti bersatu. Saling mengisi satu sama lain. Tidak ada yang pandai dan tidak ada yang bodoh.

Agustono memegang teguh motto hidupnya: “Hidup dari masyarakat dan untuk masyarakat. Hidup adalah berjuang untuk kemanusiaan. Inti untuk hidup adalah berguna, bukan untuk menghargai atau diagungkan. Tetapi hanya semata untuk kemanusiaan.”

Berbekal niat dan motto hidupnya, Agustono mengajar tarian Ganongan dan Reyog pada anak-anak lingkungan sekitar secara sukarela. Terhitung ada sebelas anak yang mau bergabung dengan sanggar untuk belajar seni tari tradisional tersebut.

Simak lebih lanjut kisah kepahlawanan Agustono melalui Video karya Pina Dhea Tafana berikut ini yang telah terpilih menjadi 100 Pemenang Umum Festival Pahlawan Desa 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *