Bung Karno di Mata Dunia Episode 4: Bung Karno di Mata India

Presiden pertama Indonesia, Soekarno, memiliki pergaulan internasional yang sangat luas. Persahabatannya dengan banyak pemimpin dunia menunjukkan betapa semangat dan gagasannya telah memberi inspirasi bagi terbentuknya tatanan dunia baru kala itu. Termasuk bagi pemerintah dan rakyat India.

Netralitas yang diperjuangkan oleh Bung Karno untuk tidak masuk dalam prahara blok komunisme dan kapitalisme menjadikannya sebagai poros pemikiran dunia yang dicintai sekaligus disegani lawan maupun kawan.

Rakyat dan pemerintah India selalu mengenang Bung Karno bukan hanya sebagai pemimpin Indonesia, tapi teman seperjuangan dalam mewujudkan kemerdekaan.

Membaca sejarah Indonesia, tidak lengkap rasanya tanpa Penyebutan Presiden Soekarno. Visi yang dia miliki untuk negaranya, dalam mempersatukan dan menghormati keragaman, filosofi dan budaya merupakan pijakan yang sama bagi Nehru, Perdana Menteri India kala itu dalam membangun India menjadi negara yang terus berbenah.

Saksikan selengkapnya perbincangan eksklusif bersama Duta Besar Republik India untuk Republik Indonesia H.E. Manoj K. Bharti di Channel Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan yang dipandu oleh Junico Siahaan


Song:
Heal The World cipt. Michael Jackson (Orkestra & Paduan Suara BKN)

Video selengkapnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *